Jumat, 26 April 2024
  • (0473) 21480
  • dlh@luwuutarakab.go.id

Verifikasi Program Kampung Iklim, Kementerian LHK Berkunjung Ke Luwu Utara

Verifikasi Program Kampung Iklim, Kementerian LHK Berkunjung Ke Luwu Utara Verifikator Proklim (Sudarwanto, S.Hut) bersama Ir. Bambang Irawan M.Si

dlh.luwuutarakab.go.id, MASAMBA Kepala Dinas LH Ir. Bambang Irawan M.Si pagi tadi menerima kunjungan Verifikator Program Kampung Iklim (Proklim) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di ruang kerjanya, Selasa, (17/07/2019).

Kunjungan Verifikator Proklim ini dalam rangka melakukan verifikasi lapangan pelaksanaan program nasional yakni Program Kampung Iklim (Proklim) di Luwu Utara.

Bambang irawan di ruang kerjanya, mengucapkan selamat datang kepada verifikator dan berterima kasih telah menindaklanjuti hasil pra penilaian Proklim yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Luwu Utara melalui Dinas LH beberapa waktu lalu.

“tahun ini kita melakukan pra penilaian di Desa Tulak Tallu di Kecamatan Sabbang dan Desa Poreang di Kecamatan Tanalili dimana hasil pra penilaian menunjukkan 2 desa tersebut mendapat nilai diatas 80%, sehingga layak diusulkan untuk mendapat penghargaan Proklim” Tutupnya

Untuk diketahui ProKlim adalah program berlingkup nasional yang dkembangkan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

Melalui pelaksanaan ProKlim, Pemerintah mengharapkan partisipasi masyarakat terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim terus tumbuh dan berkelanjutan. untuk itu Pemerintah memberikan penghargaan setiap tahunnya terhadap desa/wilayah yang telah memenuhi kriteria sebagai Desa/Wilayah Proklim.

ProKlim sendiri dapat dikembangkan dan dilaksanakan pada wilayah minimal setingkat Dusun/Dukuh/RW dan maksimal setingkat Desa/Kelurahan atau yang dipersamakan dengan itu.