Kamis, 25 April 2024
  • (0473) 21480
  • dlh@luwuutarakab.go.id

Bentuk Sekolah Model Adiwiyata, DLH Gelar Workshop

Bentuk Sekolah Model Adiwiyata, DLH Gelar Workshop Foto Bersama Peserta Workshop dengan Sekda Luwu Utara

dlh.luwuutarakab.go.id, MASAMBA – Pembangunan berkelanjutan merupakan arah pembangunan Indonesia yang harus dicapai di masa kini, guna memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup tanpa mengorbankan masa depan generasi yang akan datang.

Salah satu upaya untuk mewujudkan Konsep Pembangunan Berkelanjutan adalah melalui peningkatan pengetahuan Perlindungan dan Pengelolaan LH pada usia dini (usia sekolah).

Berangkat dari optimisme tersebut Dinas LH menggelar Workshop Program Adiwiyata yang dilaksanakan di Aula Hotel Bukit Indah, Jumat (23/11/2018).

Workshop ini Kembali dibuka oleh Sekda Luwu utara Ir. Abdul Mahfud, MM, dalam sambutannya beliau mengapresiasi pelaksanaannya Workshop ini, “masalah lingkungan itu adalah masalah bersama, untuk itu Pendidikan tentang Lingkungan itu harus dimulai usai sekolah” tegasnya.

Workshop ini menghadirkan Narasumber Dari Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPLH) Sulsel yang juga merupakan Tim Pembina Adiwiyata Propinsi dan diikuti oleh 8 Sekolah (3 SMU, 1 SMK, 2 SMP, 2 SD), “sekolah yang ikut workshop kali ini akan disiapkan sebagai Sekolah Model Adiwiyata di Luwu Utara” terang Kabid Penaatan dan Peningkatan Kapasitas LH Ir. Amrin.

Insya Allah Program ini akan terus berlanjut, Tahun 2019 akan dilakukan Pembinaan terhadap sekolah yang mengikuti workshop agar bisa menjadi sekolah model Adiyawata Baik Tingkat Kabupaten, Propinsi, Nasional dan Mandiri” ucap Kepala Seksi Peningkatan Kapasitas LH Nur Hasfiah Ariyani A.Md.KL, “akan tetapi tidak menutup kemungkinan sekolah lain untuk menjadi Sekolah Model Adiwiyata” Tutupnya.  

Sebagai informasi, Program Adiwiyata adalah program untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan dengan berprinsip pada Edukatif, Partisipatif dan Berkelanjutan.

Tujuan dari Sekolah Adiwiyata adalah mewujudkan warga sekolah yang bertanggungjawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk pembangunan berkelanjutan dengan Sasaran  perubahan perilaku ramah lingkungan  semua warga sekolah (peduli dan berbudaya lingkungan)

Manfaat dari sekolah Adiwiyata adalah (1). Meningkatkan efisiensi penggunaan dana operasional sekolah melalui penghematan dan pengurangan komsumsi dari berbagai sumber daya dan energi, (2). Menciptakan kebersamaan warga sekolah dan kondisi belajar mengajar yg lebih nyaman dan kondusif, (3). Menjadi tempat  Pembelajaran tentang nilai-nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yg baik dan benar bagi warga sekolah dan masyarakat sekitar, (4). Meningkatkan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui kegiatan pengendalian pencemaran,pengendalian kerusakan,dan pelestarian fungsi lingkungan di sekolah.