Kamis, 25 April 2024
  • (0473) 21480
  • dlh@luwuutarakab.go.id

Ukur Kualitas Udara, DLH Pasang Alat Passive Sampler

Ukur Kualitas Udara, DLH Pasang Alat Passive Sampler Alat Passive Sampler

dlh.luwuutarakab.go.id, MASAMBA – Tahun 2018 Pemkab Luwu Utara Melalui Dinas LH kembali melakukan Pemantauan Kualitas Udara di Luwu Utara.

Pemantauan ini dilakukan dengan metode Passie Sampler yang diawali dengan pemasangan alat Passive Sampler di beberapa titik,  lokasi tersebut mewakili 4 zona yakni zona Industri (dipasang di Cakaruddu Desa Minanga Tallu) , zona Tranportasi
(dipasang di Tugu Masamba Affair), Zona Perkantoran (dipasang di Kantor Dinas Lingkungan Hidup), serta zona Pemukiman (dipasang di griya Pinang Mas Kelurahan Bone).

Pemantauan Kualitas Udara ini terlaksana berkat kerjasama Dinas LH Kabupaten /Kota dengan Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Propinsi Sulawesi Selatan.

“Pemasangan passive sampler ini sesuai arahan Dinas Pengelolaan Hidup Propinsi Sulawesi Selatan yang dilakukan serentak se Sulsel pada siang tadi, dan selanjutnya setelah 14 hari alat tersebut dikirim Laboratorium yang ditunjuk untuk diuji lab”, demikian keterangan Kepala Seksi Pengendalian Pencemaran Tandi Bulan, SH (Kamis,17/05/18).

Ditempat terpisah, Ir. Imran selaku PPID Pembantu mengungkapkan secara umum kualitas udara di Luwu Utara masih dalam kategori Sangat baik, hal ini tercermin pada nilai Indeks Kualitas Udara  (IKU) Kabupaten Luwu Utara Pada Tahun 2017 yang mencapai nilai 96,11. 

Sekedar diketahui, Metode Passive Sampler adalah metode yang digunakan untuk mengetahui kualitas udara pada satu wilayah. dimana parameter yang digunakan untuk mengukur Kualitas Udara adalah paramater NO? dan SO?. Selanjutnya parameter tersebut diuji lab dan dihitung indeksnya..