Sabtu, 20 April 2024
  • (0473) 21480
  • dlh@luwuutarakab.go.id

Selamatkan Ekosistem Sungai, DLH Luwu Utara Bentuk Kader Lingkungan

Selamatkan Ekosistem Sungai, DLH Luwu Utara Bentuk Kader Lingkungan Kader Lingkungan Kab. Luwu Utara

dlh.luwuutarakab.go.id, Masamba – Ir. H. ABDUL MAHFUD, MM Sekretaris Daerah Kab. Luwu Utara membuka secara resmi Pelatihan Kader Lingkungan (Aula Hotel Remaja, 15/11/2017).

Dalam sambutannya beliau menjelaskan perlunya perhatian semua pihak menyikapi permasalahan lingkungan. “Pertumbuhan jumlah penduduk, perubahan gaya hidup masyarakat yang cenderung konsumtif dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang cenderung tidak terkendali turut menambah tekanan pada lingkungan, ungkapnya.

“jika didiamkan terus menerus maka dapat dipastikan menurunnya daya dukung dan Daya Tampung lingkungan yang berimplikasi pada kehidupan manusia nantinya”.

“Perlu diupayakan usaha-usaha pengendalian pengelolaan LH, salah satunya melalui Peningkatan peran serta masyarakat dalam bentuk pembentukan dan pelatihan kader lingkungan”, pungkas Ir. H. ABDUL MAHFUD, MM.

Sementara itu dalam laporannya Kepala Dinas LH, Ir. Buramin Dannu mengungkapkan bahwa tujuan pelatihan kader Lingkungan tahun 2017 untuk Membentuk Kader Lingkungan Bagian Hulu Sungai dan Meningkatkan Kapasitas Masyarakat bagian hulu sungai dalam Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Pelatihan kader ini diikuti oleh 25 peserta terpilih yang berdomisili di bagian Hulu Sungai ( Sungai Rongkong, Masamba, Baliase, Kanjiro, Bone-bone dan Bungadidi) dan beberapa Komunitas Peduli Lingkungan.  

Diharapkan nantinya para kader menjadi Inisiator, Motivator, Fasilitator, dan dinamisator dalam perlindungan dan pengelolaan LH.Tutupnya.